counter acccount

Selasa, 08 Mei 2012

DUA HAL PALING UNIK DI PURWOREJO


Yang unik disini dalam arti yang benar benar baru saya temui, dan tidak pernah saya bayangkan alias juga jauh di luar ekspektasi saya..

1.       Punya kucing?? Di LUAR ajaa..
Maksudnya bukan yang punya kucing HARUS di luar, tapi kucingnya itu lho yang harus di luar. Tidak tahu dan tidak jelas ini berawal dari mana dan siapa yang membuat aturan seperti ini, namun kebiasaan ini sudah mendarah daging di lingkungan masyarakat. Tepatnya di desa Malang rejo, kecamatan Banyu Urip, Kabupaten dan kota Purworejo. Di desa ini siapapun yang mempunyai atau memelihara kucing, maka kucingnya tidak boleh dimasukkan ke rumah. Begitu saya tanya KENAPA ke bude dan sepupu saya, jawaban mereka “ya memang orang sini seperti itu, kalau punya kucing ya ditaruh di luar rumah.”  Anehh..

2.       Bahasanya…..
Ekspektasi saya bahasa mereka itu ya sama seperti saya, dalam arti sama-sama menggunakan dialek jawa, namun mungkin memang berbeda tapi bedanya ya karena mereka di jawa tengah dan dekat jogja, jadi saya menduga kalau bahasanya ya hampir mirip masyarakat Jogja. Tapi faktanya??? Kok logatnya gini -.- mereka sudah memakai logat ngapak, tapi bahasanya jawa. Nah lo..kalau ngapak kan campuran sunda dan jawa, ini full jawa tapi logat ngapak, tapi juga ada yang memakai ‘inyong’ dalam dialog mereka. Setidaknya saya masih mengerti jika diajak berbicara :)

13 komentar:

  1. menurutku, point kedua itu hal yang paling unik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. you must to go there tull..berasa lonely planet gitu :p

      Hapus
  2. point pertama,g ada yg aneh sih.mnrutku masih umum.tp emang langka.bagus jug kebiasaan itu dilestarikan,biar anjing g merasa dideskriminasi sama si kucing.haahahahahah

    point kedua,ak sih g bingung.tp setidaknya dengan postinganmu ini semakin menguatkan kalo indonesia kaya akan bahasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. .bentar bentar,,diskriminasi apa?anjing juga boleh di rumah kalee -.-

      .banget nget nget..tp lu harus kesana beneran deh..bahasanya itu,,ngapak ga ngapak,jawa ga jawa -.- ato ga coba ke daerah banyumas aja,,full ngapak..saya sih bakal ngakak :s #jangan ditiru

      Hapus
  3. mau tanya donk.. gimana sih keadaan di sana waktu malem? gimana pergaulan pemuda sesama pemuda & pemuda sama yang tua? apa arus modernisasi sudah masuk secara menyeluruh? terus apa pemuda dan pemudinya penggemar BOYBAND?

    BalasHapus
    Balasan
    1. .waktu malem? as you know kehidupan disana berakhir seketika setelah maghrib,,sepi krik krik krik -.- ga ada kehidupan malem kecuali kehidupan jangkrik..

      .soal pergaulan, ya jelas ga separah kota kita sih yaa..ga separah sby ato bandung..tapi di desa yang saya tempati 5 hari 4 malem sih rata rata banyak yang nikah muda.
      - kalo pemuda sama yang tua sumpah SOPAN BUANGET nget nget..kan make bahasa mereka nih, bahasa apalah itu..jawanya itu alus banget sampe saya ga ngerti ngomong apaa -.- (emang ak ga bisa jawa --a)

      .yud..pliss...ini yg ketiga pertanyaan apa?saya belum survey nakk >,< kalo penggemar juga gapapa sih yaa o.O

      Hapus
    2. .oiya soal modernisasi,,disana BELUM ADA MALL,fast food juga adanya cuma Quick Chicken,trus jangankan internet, sinyal itu masih susah masuk ke desa-desa..di desa yg saya tempati aja itu cuma ada sinyal telkomsel (untung ak make ni provider), soal fashion juga msih jauh kalo dibandingin kota kita,tapi ga terlalu parah sih..kalo malem kan sepi soalnya tempat nongkrong anak mudanya emang ga ada atau belum ada..palingan alun-alun aja yang setau saya juga lumayan sering ngedatengin artis ibu kota,,seperti tgl 8 kemarin it ada Armada dan tanggal 9 nya ada Endank Soekamti..jadi bisa disimpulkan sendiri kan :) ?

      Hapus
  4. hahaha....sebelume bekal apa ae yg wes andin siapkan seblm ke tempat aisng iku???pengalaman soale qw pernah,qw kira dinasehati...eh,,ternyata orange marah!!!
    aneh juga,biasane orang desa melihara kambing,sapi atokerbau....lha ikie malah pelihara kucing,sekampung lagi?emg kucng jenis apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bekal apa aish ya? bekal mental dan batin tentunya,,hehe...yang jelas selama ini aku ga pernah ber-ekspektasi terhadap tempat yg aku tuju..knp?krn aku sendiri ga mau kecewa dengan ekspektasi yg aku buat itu..jadi mau apa yg bakal terjadi ya siap siap aja..ya kucing kampung :p

      Hapus
  5. purworejo itu dmn?? aq baru 'ngeh' nama itu.. hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius den??nama stasiun besarnya itu Kutoarjo..pernah denger?kota ini kalo dari sini ada di jalur selatan,setelah Jogja dan sebelum Kebumen :)

      Hapus
  6. bahasanye blasteran jawa ngapak.. jiakakakka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo mbak,,uaneh..logate parto tapi bahasamu :s

      Hapus