counter acccount

Selasa, 08 Mei 2012

JATI MALANG - Lebih dari PANTAI



baru kali ini sepagi ini saya sudah ada di pantai. sejujurnya saya berniat untuk merefresh pikiran sebelum esok harus kembali ke Surabaya tercinta. saya pikir pagi-pagi pantai masih sepi, dan bisa saya nikmati sendiri (berasa pantai pribadi gitu), tapi kok...???

yaa..Pantai Jati Malang yang terletak di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, bukan hanya sekedar pantai biasa. memang bukan pantai standart, pantainya jelek (dari kacamata traveler saya), pasirnya hitam, sampah dimana-mana, dan ombaknya besar, sangat tidak aman bagi para wisatawan.

namun selama saya berkunjung ke beberapa pantai sebelumnya, baru kali ini saya menemukan ada kolam renang di area pantai. tak hanya satu kolam, ada empat buah kolam renang, yang dua didesain untuk anak-anak, dua lagi untuk dewasa. kenapa? benar dugaan awal saya, pantai ini sangat tidak aman sehingga dibuatlah kolam renang di dekat pantai. "tujuan awalnya untuk anak-anak, agar mereka yang ingin sekali mandi di laut, bisa mandi disini. karena kan ombaknya sangat besar, jadi bahaya untuk anak-anak," ucap Edi Pramono, penjaga pantai Jati Malang.

kolam renang anak-anak
 seperti yang saya ungkapkan dalam video di atas, faktor yang menyebabkan pantai ini sudah ramai di pagi hari adalah adanya aktivitas pelelangan ikan.


 ikan-ikan tersebut tentu saja hasil buruan nelayan Jati Malang di malam hari. pukul 06.15 saja pelelangan ikan sudah sepi, karena para nelayan sudah bergegas membawa ikan-ikan tersebut ke pasar kecil, yang nantinya harga jual akan naik lagi atau lebih mahal. di sekitar pantai juga lumayan banyak warung yang menjual sea food, dengan rata-rata harga ikan lautnya Rp 15000,00 per kg, yang mana setiap kg berisi sekitar 4-5 ekor ikan. bahkan ada salah satu warung yang menjual olahan ikan hiu.

hanya tersisa dua orang penjual di pantai Jati Malang

 selain itu, banyak orang yang datang ke pantai pagi-pagi untuk melakukan terapi air laut. Orang-orang terapi di laut pagi-pagi untuk menghirup uap air laut pagi yang katanya dapat menyembuhkan penyakit.
di sekitar pantai ternyata ada papan-papan kecil penunjuk lokasi mengungsi dari tsunami. Hal ini dikarenakan lokasi Pantai Jati Malang berada di pantai selatan yang seringkali mengalami tsunami di beberapa daerah sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.
 

6 komentar:

  1. saran aja sih.kalo menyampaikan berita secara lisan tempo bicaranya diatur ya,soalnya g jls td.apalagi ada suara ombak juga.suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasi sarannya :) tapi sampe ga sih pesannya?

      Hapus
  2. waa...rasanya pingin menjelajahi semua sudut Indonesia kalo kayak gini. Semakin banyak referensi..hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk berangkat :p pengen jadi reporter jejak petualang kayak Medina Kamil -.-

      Hapus
  3. stefanie p. yossita14 Mei 2012 pukul 00.05

    tempat ngungsi nya jauh kah dari pantai ??? waahh,,jadi pengen kesanaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu atuh kaditu :) tapi ngomong2 mau ke pantai atau mau ngungsi nih?? kok nanya tempat ngungsinya :s lumayan jauh mbak

      Hapus