counter acccount

Selasa, 08 Mei 2012

Purworejo Bisa KAYA

tak banyak orang tahu kota manakah yang mempunyai lumbung padi terbesar di jawa tengah?? jawabannya adalah Purworejo, siapa sangka kota kecil dengan bahasa setengah ngapak ini memiliki lumbung padi hampir di setiap desanya.

"Fungsi lumbung padi di setiap desa selain sebagai tempat menampung hasil panen, juga untuk mengatasi kebutuhan petani saat musim paceklik,” kata Sunoto yang akrab disapa mbah To saat ditemui di sawah dekat rumahnya di desa Malang Rejo.

sawah milik mbah to di desa Malang Rejo
menurut Mbah To, lumbung padi merupakan peninggalan leluhur desa setempat yang berdiri sejak puluhan bahkan ratusan tahun silam. sekarang petani yang kekurangan modal bercocok tanam, bisa meminjam gabah di lumbung padi tersebut. Sutikno yang merupakan putra sulung mbahTo menambahkan jika sistem yang berlaku di dalam lumbung adalah simpan pinjam dalam bentuk gabah kepada anggota. Dimana utang serta bunganya dikembalikan saat musim panen dalam bentuk gabah. 

dengan adanya lumbung padi terbesar ini tentunya dapat menjamin pemenuhan kebutuhan penduduk secara fisik maupun ekonomi, dengan pengelolaan cadangan makanan yang dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Purworejo masih memiliki beberapa komponen yang dapat menunjang sektor ekonominya, diantaranya ada kedelai,  gula aren, emping mlinjo, susu kambing etawa, dan durian kaligesing.  Komponen-komponen makanan ini dapat meningkatkan perekonomian Purworejo jika diolah sekreatif mungkin dan di pasarkan dengan kreatif pula.
 

2 komentar:

  1. pada dasarnya semua kota memiliki potensi untuk terus berkembang.tapi tetap,rakyat kecil seperti kita hany bisa menyuarakan saja.karena tetap decision makernya adalah pemerintah.ya semoga tulisanmu ini bukan hanya sebuah tulisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau anda berharap tulisan ini dibaca pemerintah susah kali ya..intinya juga memang kita sebagai rakyat kecil yang harus bertindak mewujudkan apa yang memang jadi visi dan misi ataupun tujuan kota kita

      Hapus