counter acccount

Senin, 07 Mei 2012

TOSAN AJI yang ABADI


Tosan : senjata yang terbuat dari bahan besi / logam / baja

keris yang masuk kategori TOSAN dan mendominasi isi dari museum TOSAN AJI

Aji: sesuatu yang berharga / bertuah memiliki karisma sehingga mendapat tempat yang terhormat (contohnya seperti: senjata senjata pada zaman dahulu yang biasanya berpamor)

Dari pemaparan arti kata yang saya tulis di atas, bisa di mengerti arti dari kata TOSAN AJI seperti apa. TOSAN AJI sendiri merupakan nama museum tosan pertama di Jawa Tengah yang masih berdiri di kota Purworejo.

Didirikan pada 13 April 1987, dan masih eksis hingga saat ini. Dengan pegawai museum berjumlah tujuh orang, yang dengan sabarnya menjaga dan merawat isi museum serta menunggu datangnya pengunjung. Pada saat saya berkunjung ke museum ini, hanya ada dua orang petugas saja, yang tiga tidak masuk, dan dua orang lainnya pergi entah kemana. 

Jadilah satu bapak yang menjadi guide saya, pak Marno namanya. Disini dengan sabarnya beliau menjelaskan secara detail tentang museum ini dan segala isinya, dengan sabar juga beliau menjawap pertanyaan-pertanyaan yang saya lontarkan.

Walaupun minat masyarakat  terhadap budaya semakin menurun, namun museum ini masih berusaha untuk terus berdiri dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah, baik itu tingkat SD, SMP, ataupun SMA. Bekerja sama khususnya untuk pelajaran sejarah, agar para siswa tidak hanya belajar melalui teori guru di kelas saja, melainkan juga melibat bentuk fisik atau nyata dari peninggalan sejarah.

Berikut merupakan sedikit himbauan dari Bapak Marno untuk para pelajar dan generasi muda..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar